Pengertian Massa Jenis dan Massa Relatif Atom

Pengertian Massa Jenis dan Massa Atom 

A. Massa Jenis

Ahmad Dahlan - Massa jenis ( ρ - huruf yunani dibaca rho) dari suatu zat dapat didefinisikan sebagai jumlah massa untuk satuan ruang atau volume yang secara matematis dapat dituliskan sebagai:

ρ = m/V

Sebagai contoh: Massa jenis dari aluminium adalah 2,70 g/cmsedangkan timbal memiliki massa jenis sebesar 11,3 g/cm3 . Dari massa jenis dapat disimpulkan setiap 10 cm3 akan memiliki volume sebesar 27 gram sedangkan timbal akan memiliki massa sebesar 113 gram untuk volume yang sama. Setiap massa jenis menjadi salah karakter suatu zat yang membedakan satu zat dan zat yang lain.

Tabel Massa Jenis Beberapa zat
Jenis Zat
Densiti ρ (10kg/m3)
Platinum
21,45
Emas
19,30
Uranium
18,70
Timbal
11,30
Tembaga
8,92
Air
1,00
Udara (1 atm)
0,0012

aplikasi dari massa jenis dan massa atom relatif

B. Massa Atom Relatif

Sebagaimana yang kita ketahui mengenai struktur partikel yang menyusun suatu zat terdiri atom-atom tertentu yang dikenal dengan jenis unsur unsur dan berdasarkan teori atom Rutherford dan Atom Bhor, setiap atom terdiri dari proton dan neutron yang terletak di Inti atom sedangkan pada kulit ditempati elektron.

Jumlah proton dan Neutron dalam inti sebuah atom akan berpengaruh pada massa atom relatif yang diukur dalam satuan massa atom (u), dalam beberapa buku terjemahan juga disingkat dengan sma, dimana satu u = 1,6660 538 7 x 10-27 kg. Dikatakan sebagai massa atom relatif, karena jenis atom yang digunakan untuk mengukur adalah atom dari carbon-12, atom ini digunakan sebagai satuan pembanding karena memiliki karakteristik paling stabil dari seluruh atom yang ada di alam.

Sebagai contoh, timbal dengan massa 207 u dan aluminium adalah 27 u, rasio antara massa timbal dan massa aluminium adalah 10 : 1 namun hal ini berbeda jika rasio berdasarkan massa jenis, iman rasio-nya menjadi 4,19 : 1.  Hal ini disebabkan oleh jarak antar atom yang penyusun struktur kristal dari penyusun kedua atom tersebut.

Referensi:
Jewet & Serway. 2007. Physics for Scientist and Enggineer. 

0 Response to "Pengertian Massa Jenis dan Massa Relatif Atom "

Post a Comment